Perancis dan Inggris Menang. Wakil Afrika Senegal Gugur

Pada hari kedua babak 16 besar atau juga disebut seperdelapan final telah berlaga di lapangan :

Perancis Lawan Poland (3-1)

dan

Inggris lawan Senegal (3-0)

Perlu diketahui bahwa pada babak 16 besar ini berlaku sistem gugur. Artinya yang kalah langsung pulang kampung, tidak bisa melanjutkan ke babak 8 Besar.

Dari dua laga tersebut di atas, Polandia dan Senegal gugur. Tinggal Maroko sebagai wakil Afrika, yang akan bertanding melawan Sepanyol pada tanggal 6 Desember 2022.

Sementara itu Polandia pernah sekali menang melawan Perancis (3-2) di World Cup 1982. Dan kali ini kalah.

Perancis Lawan Poland (3-1)

Pada laga semalam,, Perancis yang mungkin merasa harus memenangkan pertandingan, langsung aggresive menyerang dan melakukan beberapa tendangan ke arah gawang Polandia.

Dan ternyata walaupun menguasai bola dilapangan tidak mudah untuk membobol gawal lawan. Baru pada menit ke 44, ada tercipta satu goal oleh Giroud (pemain AC Milan) ==> 1-0 untuk Perancis

Goal Perancis ini tercipta berkat bantuan Mbappe. Mbappe terlihat selalu menyerang ke depan dari sisi kiri dengan berlari secara cepat.

Memasuki paruh kedua, baru pada menit ke 74, Mbappe berhasil membuat goal ke gawang Polandia, setelah menerima umpan di area bebas dari Ousman Dembele (pemain Barca). Goal tersebut dilakukan dari jarak jauh, dan melesak ke gawang Poland, tanpa bisa dihalangi oleh kiper Poland.

Goal ketiga Perancis terjadi setelah perpanjangan waktu yaitu pada menit 90+1, setelah MBappe kembali menerima umpan di area penalti, sehingga dengan mudah memasukan bola ke gawan lawan.

Pada menit ke 90+6, terjadi handball di kotak penalti perancis, dan namun semula wasit menganggap tidak ada handball. Tetapi setelah menerima sinyal dari VAR, dinyatakan ada penalti untuk Polandia.

Robert Lewandowski, pemain yang lama Bayern M√ľnchen, dan baru tahun ini pindah ke Klub Barcelona, mengeksekusi penalti dan gagal alias arah bola bisa dibaca oleh kiper dan tembakan bisa dihentikan..

Tapi kemudian wasit memutuskan bahwa penalti harus di ulang, karena menganggap bahwa kaki kiper Perancis mendahului keluar dari garis putih dibawah gawang sebelum Lewansdowski melangkah untuk menembak bola.

Pada tendangan penalti kedua ini Lewandowski berhasil membuat goal sehingga menjadi 1-3 untuk Polandia.

Sayangnya tidak lama kemudian wasit meniup peluit pandjang nya tanda selesainya pertandingan. Di tengah kegembiraan pemain Perancis, nampak Lewandowski menyamperi MBappe dan saling berangkulan, dan tertawa, tanda pertemanan.

Inggris lawan Senegal (3-0)

Senegal adalah salah satu negara Afrika yang berhasil lolos masuk ke babak 16 besar tahun ini.

Sebelumnya, bahkan Senegal pernah sampai ke Seperempat final di tahun 2002, karena dikalahkan oleh tim Turkiye

Dan tahun 2018, berhasil juga ikutan di World Cups di Japan dan Korea. Sayang hanya sampai babak penyisihan sudah harus pulang kampung.

Adalah satu prestasi bagi Senegal yang lolos ke 16 besar tahun 2022, namun kembali disayangkan dalam laga kemarin lawan Inggris kalah.

Inggris kelihatan sekali tidak memberikan kesempatan untuk kepada Senegal menguasasi bola sejak paruh pertama, dan ini ditunjukkan dengan tercetaknya dua goal Inggris ke gawang Senegal (2-0).

Kondisi tidak berimbang di lapangan, berlanjut di babak kedua, sehingga Bukayo Saka (pemain andalan arsenal) mebuat goal tambahan di menit 57 sehingga menjadi 3-0 untuk Inggris.

Senegal kendati bisa melakukan beberapa kali serangan berbahaya ke kubu Inggris tapi tidak satupun berhasil membuat goal, sampai akhir paruh kedua.

Nanti malam akan berlaga Jepang lawan Kroasia yang di ajang world cup pernah ketemu dua kali, sekali kalah dan sekali draw.

Brazil lawan Korea Selatan di World Cup sebelumnya tidak pernah bertemu, tapi di pertandingan-pertandingan lain, pernah bertemu 6 kali, dengan 5 kali dimenangkan Brazil, dan sekali Korea menang atas Brazil

Apakah dengan data histori itu, Brazil akan dengan mudah menang atas Korea, ya kita lihat saja.

Siapa yang akan menang kita tunggu saja, jangan lupa bahwa bola itu bulat, bukan bunder. Dan main bola tidak selalu menang atau kalah, tidak tegantung dari bejo alias beruntung atau buntung (belum beruntung).

Inggris vs Perancis

Dengan menang Perancis atas Polandia, dan Inggris lawan Senegal, maka Inggirs akan bertemu lawan Perancis untuk memperebutkan tike ke Seperempat Final Piala Dunia 2022 ini pada tanggal 10 Desember.

Orang bisa menyebutkan pertandingan Inggris lawan Perancis adalah final yang terlalu dini.